7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Membeli Rumah

Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Membeli Rumah

Membeli atau memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang. Namun untuk memiliki rumah sendiri membutuhkan banyak biaya sehingga harus mempertimbangkanya secara matang. Banyak orang yang memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi daripada membangunnya dari nol. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah, berikut merupakan 7 hal yang harus Anda perhatikan.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Rumah Agar Tidak Tertipu

Perhatikan Kebutuhan Keluarga

Rumah dengan Garasi dan Taman

Sebelum mencari rumah, buatlah daftar dan kriteria rumah yang hendak Anda beli. Hal tersebut harus berdasarkan pada kebutuhan keluarga Anda. Misalnya saja jumlah kamar, ketersediaan garasi, luas kebun, ataupun kemungkinan rumah tersebut akan Anda renovasi di masa depan. Anda harus mendiskusikan hal tersebut bersama keluarga sebelum menentukan kriteria rumah yang akan Anda beli.

Periksa Kondisi Rumah

Perhatikan Kondisi Rumah

Setelah Anda menemukan calon rumah, periksa secara menyeluruh kondisi rumah tersebut. Anda perlu memeriksa kelembapan dinding, sistem dan suplai air bersih, saluran pembuangan, serta ventilasi dan jendela sebagai saluran udara dan cahaya yang masuk. Selain itu Anda harus melihat kondisi fisik rumah dan jika perlu tanyakan juga material yang digunakan di rumah tersebut. Hal ini karena material yang digunakan memengaruhi kekuatan dan kekokohan rumah.

Legalitas RumahLegalitas Rumah

Hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli rumah selanjutnya adalah memeriksa riwayat rumah. Anda dapat bertanya sendiri pada pihak penjual atau perantara mengenai legalitas rumah bekas yang akan Anda beli. Pastikan rumah tersebut terbebas dari kasus bermasalah seperti rumah dalam kondisi sengketa ataupun tindakan penipuan.

Anda juga harus memeriksa kelengkapan dokumen rumah seperti Sertifikat Hak Milik, surat Pajak Bumi Bangunan, dan sertifikat Izin Mendirikan Bangunan. Jika Anda membeli rumah bekas, Anda dapat juga meminta bukti pembayaran tagihan PDAM, telepon, ataupun listrik untuk memastikan bahwa layanan tersebut belum dicabut.

Akses dan Lokasi RumahLokasi Rumah

Akses dan lokasi rumah adalah salah satu hal yang sangat penting dalam memilih rumah. Faktor tersebut juga sangat berpengaruh terhadap harga rumah. Seperti yang kita ketahui, rumah yang berada di pinggir jalan raya atau pusat kota tentunya lebih mahal. Sebaliknya, rumah yang berada di berada di pinggiran atau di area perkampungan akan memiliki harga yang lebih murah.

Hal itu karena rumah yang terletak di pusat kota tentunya akan memudahkan untuk berpergian ke mana-mana dan rumah di daerah pinggiran membutuhkan banyak apabila akan pergi ke kota. Oleh karena itu, Anda harus memilih lokasi rumah dengan cermat sesuai dangan kebutuhan dan dana yang ada. Sebagai tambahan, rumah yang dekat dengan pusat transportasi seperti terminal angkutan umum, stasiun kereta, atau pangkalan ojek tentunya akan menjadi nilai tambah.

Fasilitas Sekitar RumahRumah Sakit

Selanjutnya, pastikan Anda tahu fasilitas dan amenitas yang berada di sekitar rumah tersebut. Hal ini karena semakin dekat rumah tersebut dengan berbagai fasilitas yang ada akan membuat Anda nyaman berada di rumah tersebut. Fasilitas yang yang wajib Anda ketahui dan tidak jauh dari rumah tersebut adalah rumah sakit, supermarket atau pasar, dan mesin ATM. Akan lebih bagus lagi apabila rumah tersebut dekat dengan fasilitas lain seperti SPBU, mall, restoran, atau tempat hiburan.

Lingkungan Sekitar RumahLingkungan Rumah

Anda juga harus memperhatikan dan mencari tahu secara detail mengenai lingkungan di sekitar rumah tersebut. Anda harus mencari tahu apakah daerah tersebut termasuk area rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu apakan lingkungan tersebut aman dari kasus kriminal seperti pencurian, perampokan, ataupun tawuran. Daerah yang rawan tentunya akan membuat Anda was-was dan tidak nyaman.

Hitung Biaya LainnyaHitung Biaya Lainnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah perhitungan biaya yang keluar. Anda harus memperhatikan biaya yang keluar saat membeli perabotan rumah atau biaya untuk perbaikan rumah. Yang paling penting, Anda harus menghitung biaya yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi jual beli. Anda harus menyiapkan uang ekstra untuk biaya Akta Jual Beli, biaya balik nama, biaya PNBP, PPh, dan biaya lainnya.

Baca Juga : Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku Tanpa RugiĀ 

Pos Terbaru