Berikut 5 Cabang Olahraga Baru dalam Olimpiade Tokyo 2020

5 Olahraga baru di Olimpiade Tokyo

Olimpiade Musim Panas 2020, secara resmi bernama Games of the XXXII Olympiad. adalah ajang olahraga internasional yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Olimpiade Tokyo 2020 merupakan pesta olahraga terbesar di dunia yang resmi berlangsung mulai dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Sebanyak 33 cabang olahraga dilombakan dalam olimpiade kali ini. Terdapat 5 cabang olahraga baru, yang hadir dalam olimpiade musim panas ini. Berikut merupakan 5 cabang olahraga baru dalam Olimpiade Tokyo 2020!

Selancar

Seluncur

Selancar merupakan olahraga yang berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini berjalan dengan menggunakan papan sebagai alat untuk menaiki ombak. Papan tersebut akan bergerak sesuai dengan ombak di bawahnya. Kemudian dikendalikan oleh peselancar dengan keseimbangan dan arah yang dikontrol oleh peselancar.

Cabang olahraga yang ini akan diselenggarakan di Pantai Tsurigasaki sekitar 100 km dari Stadion Olimpiade Tokyo. Akan ada pemanasan terlebih dahulu selama 30 menit. Kemudian atlet hanya akan mendapatkan nilai dengan dua gelombang tertinggi hasil dari meluncur di atas ombak. Apabila atlet tidak mendapatkan ombak yang bagus sama sekali, maka gaya, kesulitan, inovasi, kecepatan, dari atlet tersebutlah yang akan dinilai dari para juri.

Skateboard

Skateboard

Skateboard adalah sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk meluncur. Papan ini memiliki tenaga yang berasal dari dorongan satu kaki sementara satu kaki yang lain berfungsi untuk mengontrol arah dari papan luncur ini.

Olahraga ini memiliki peminat yang cukup besar dari kalangan anak muda. Olahraga ini juga merupakan salah satu cabang baru di Olimpiade Tokyo kali ini. Dalam olimpiade kali ini, akan ada dua jenis perlombaan dalam skateboard. Pertama, merupakan tema taman yang berlangsung di lapangan atau suatu lintasan. Yang kedua merupakan skateboard jalanan dengan rintangan yang beragam dalam lintasan tertentu hingga melompat ke dinding, bangku, kursi, dll.

Bisbol (baseball)

Baseball

Bisbol atau baseball meruapak olahraga jenis permainan dengan dua tim. Tim yang melempar berusaha melempar bola sehingga musuh tidak dapat memukulnya, sedangkan pemain batter  dari tim lain akan berusaha memukul bolla tersebut menggunakan tongkat pemmukul. Tim yang melempar berusaha menangkap bola dari lemparan tim lawan. Sedangkan tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home dan menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol hingga pulang kembali ke tempat yang base.

Sebenarnya bisbol bukanlah cabang olaharaga baru dalam pertandingan olimpiade. Namun karena olahraga ini belum pernah ada lagi sejak Olimpiade Beijing 2008, maka Bisbol kembali menjadi olahraga baru dalam Olimpiade Tokyo.

Panjat Tebing

panjat tebing

Panjat tebing merupakan salah satu dari banyak olahraga dengan unsur alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung jika tidak bisa dengan jalan kaki. Namun memanjat tebing harus menggunakan peralatan dan teknik teknik tertentu untuk bisa mendakinya. Dalam Olimpiade Tokyo kali ini, akan ada tiga jenis pertandingan yang akan berlangsung, yaitu lead climbing, speed climbing, dan bouldering climbing.

Karate

Karate

Karate merupakan seni bela diri yang berasal dari Jepang. Makna dari karate berarti “tangan kosong” dalam bahasa Jepang. Dari 4 disiplin ilmu yang ada dalam karate, hanya dua yang akan hadir dalam Olimpiade kali ini. Dua disiplin ilmu tersebut adalah Kata dan Kumite.

Baca Juga : 5 Kartu Pokemon Termahal di Dunia

 

 

Pos Terbaru