7 Burung Tercantik di Dunia! Ada Burung Indonesia

Burung Tercantik di Dunia

Apa kriteria burung tercantik di dunia? Terdapat banyak sekali spesies burung yang sangat indah di dunia ini. Ada yang menganggap kriteria burung terindah adalah karena bulunya, suaranya, hingga pergerakan burung itu tersebut. Beberapa juga menjelaskan kelangkaan dari burung tersebut menjadi salah satu hal yang membuat burung tersebut menjadi lebih cantik. Berikut merupakan burung tercantik di dunia menurut ViitorMedia.

Keel Billed Toucan

Keel Billed Toucan
source :
earthspacecircle.blogspot.com

Yang pertama adalah burung tercantik di dunia dengan jenis tukan. Burung ini memiliki nama latin sahmpastos sulfuratus, biasa terkenal dengan nama Keel Billed yang merupakan salah satu spesies Toucan atau tukan. Burung yang satu ini dapat Anda temukan di hutan tropis Meksiko selatan sampai Kolombia. Keindahan dari burung yang satu ini adalah paruhnya yang penuh warna dan memiliki warna yang eksotik. Burung ini termasuk dalam kategori hewan omnivora karena memakan biji-bijian, serangga, hingga kadal dan ular kecil. Berat burung yang satu ini umumnya sebesar 0,4 kg. Selain itu warna hitam dari burung ini sangatlah terlihat elegan.

Burung Pekaka Emas

Burung pekaka emas
source : hbw.com

Burung ini merupakan salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah. Habitat burung ini berada pada daerah-daerah dataran rendah. Anda dapat menemukan burung ini apabila berada di sekitar pantai, hutan mangrove, maupun pinggiran sungai. Ciri khas darii burung iinii adalah parungnya yang besar, lancip, dan berawarna merah menyala dengan pucuk paruhnya biasanya berwarna hitam. Burung ini umumnya tidak dapat berkicau dan suaranya juga hampir tidak terdengar mencolok. Selain itu perpaduan warna tubuhnya yang emas dan sayapnya yang hijau tua ini menjadi kombinasi keunikan dari burung ini.

Merak

Burung Merak
source : macedonianature.blogspot.com

Burung merak tidak semuanya memiliki ekor yang indah, umumnya ekor yang indah ini hanya dimiliki oleh burung merak jantan. Hewan yang satu ini termasuk dalam salah satu spesies yang hampir pundah dan keberadaannya umumnya berada pada suatu wilayah konservasi maupun cagar alam. Burung ini hanya memiliki habitat di tanah Jawa. Anda dapat menemukan burung ini pada Taman Nasional Baluran. Selain itu jumlah burung ini diperkirakan hanya sekitar 800 jumlahnya di alam liar.

Scarlet Macaw

burung scarlet macaw
source : caribbeanlifestyle.com

Burung yang satu ini adalah jenis makaw yang berukuran besar dengan corak warna yang beragam. Umumnya burung yang satu ini memiliki warna dominan merah. Ukuran burung ini kurang lebih 90 cm. Habitat dari burung yang satu ini adalah hutan-hutan tropis di Amerika. Persebaran burung ini sekitar daerah tenggara Mexico sampai dengan hutam Amazon. Burung ini juga termasuk dalam hewan yang terancam punah. Habitatnya yang setiap hari semakin rusak telah menyebabkan berbagai macam kepunahan lokal pada daerah-daerah tersebut. Keunikan lain dari burung yang satu ini adalah sangat cerdas, dengan latihan yang baik dan disiplin, beberapa burung ini dapat belajar bahasa manusia, meskipun secara umum burung yang satu ini lebih suka diam atau berteriak.

Baca Juga : 7 Hewan Asli Indonesia yang Dilindungi dan Hampir Punah

Golden Pheasant

golden pheasant
source : birdingwire.com

Burung ini juga memiliki nama lain seperti Pegar Tiongkok, Pegar Pelangi, hingga Pegar Emas. Pegar Emas berasal dari hutan di pegunungan barat Tiongkok. Populasi burung ini telah tersebar di Inggris, Jerman, Amerika, Belanda, dan beragam negara lainnya. Keunikan dari burung ini adalah bentuknya yang mirip dengan ayam, namun memiliki ekor yang sangat indah. Warna keemasan pada burung inii juga menjadi nilai tambah laiinnya. Perpaduan warnanya sangat cocok yang membuat kombinasi warna dari burung yang satu ini terlihat elegan dan menawan. Umumnya bulu warna yang seperti ini menandakan bahwa burung tersebut adalah burung jantan.

Blue Jay

Burung Jay Blue
source : courierpress.com

Burung ini memiliki nama latin Cyanocitta cristata. Burung ini memiliki habitat di Amerika Utara. Hewan ini merupakan salah satu yang suka bermigrasi. Seperti namanya, burung ini terkenal karena badannya yang berwarna biru secara keseluruhan. Warna ini sangat mencolok pada alam liar dan memiliki tampilan yang sangat keren. Selain itu persebaran burung ini masihlah cukup aman karena ukurannya yang kecil, jarang menjadi daya tarik pemburu untuk mengambil bulunya.

Cendrawasih

burung cendrawasih

Burung ini dapat Anda temukan di Papua. Habitat burung ini berada di timur Papua, pulau selat torres, dan daerah Australia Timur. Burung ini memiliki sebutan burung dari surga. Hal ini karena kecantikan burung ini yang luar biasa. Ekornya merupakan keunikan utama dari burung ini. Cendrawasih memiliki ekor putih yang seakan-akan merupakan pakaian atau bulu dari surga.

Badannya yang memiliki corak coklat emas dan juga sayapnya yang membuka seperti mangkok juga yang membuat burung ini menjadi salah satu burung tercantik di dunia. Kondisi burung ini berada dalam ambang kepunahan, karena sering menjadi target para pemburu dan bulunya yang dapat dijual dengan harga yang fantastis.

 

Baca Juga : 6 Manfaat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan

Pos Terbaru