Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki yang muncul ketika kita melepas sepatu merupakan bau yang sangat mengganggu. Hal tersebut dapat membuat kita kehilangan kepercayaan diri jika sedang bersama orang lain. Bau kaki sering muncul pada orang yang sering menggunakan sepatu dan kaus kaki tertutup sepanjang hari. Hal tersebut membuat kaki menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap. Namun, jangan khawatir karena bau tersebut dapat dihilangkan dan tidak permanen. Berikut cara menghilangkan bau kaki yang mengganggu.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Jaga Kebersihan KakiJaga Kebersihan Kaki

Cara pertama untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Cucilah kaki anda setiap hari saat mandi. Gosok-gosok juga kaki menggunakan sabun hingga ke sela-sela jari. Setelah itu, bilas dan keringkan kaki secara menyeluruh.

Kuku kaki juga harus dipotong secara rutin agar tetap pendek dan bersih. Sempatkan juga untuk membersihkan sela-sela kuku. Hal ini karena bagain tersebut rentan menyebabkan tumbuhnya bakteri. Selain itu, singkirkan juga kulit mati yang keras pada kaki dengan menggunakan kikir kaki.

Jaga Kaki Tetap KeringJaga Kaki Tetap Kering

Selanjutnya adalah dengan menjaga kaki tetap kering. Pastikan untuk mengeringkan kaki Anda dengan teliti baik setelah Anda mandi, berenang, cuci kaki, ataupun berendam. Hal ini karena bau kaki yang tidak sedap berasal dari kelembapan.

Selain itu, jika Anda merupakan orang yang mudah berkeringat, bawalah kaus kaki tambahan di tas Anda. Kemudian ganti kaus kaki Anda pada saat jam istirahat siang, pada saat makan siang, ataupun setelah berolahraga.

Gunakan Kaus Kaki yang Menyerap Keringat

Kaus Kaki Menyerap Keringat

Pemilihan kaus kaki yang digunakan juga dapar meminimalisir kemungkinan munculnya bau kaki. Bagi Anda yang selalu beraktivitas berat atau sering berpergian, sebaiknya gunakan kaus kaki berbahan katun. Hal ini karena kaus kaki berbahan katun mudah menyerap keringat sehingga kaki tetap kering.

Hindari untuk menggunakan kaus kaki berbahan serat sentitis yang biasanya bertekstur licin dan tipis. Kaus kaki dengan bahan tersebut memiliki daya serap keringat yang tidak bagus meskipun nyaman di kaki. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan kaus kaki yang sama selama dua hari berturut-turut apalagi jika aktivitas sehari-hari Anda berat.

Simpan dan Rawat Sepatu dengan BaikSimpan Sepatu dengan Baik

Cara lain untuk mencegah munculnya bau kaki adalah dengan merawat sepatu dengan baik. Cuci sepatu setidaknya seminggu sekali agar pertumbuhan bakteri di sepatu terhambat, Apabila Anda tidak sempat mencuci sepatu, setidaknya sering-sering menjemur sepatu di bawah sinar matahari.

Selain itu, simpanlah sepatu di ruangan yang sejuk, kering, dan memiliki aliran udara yang baik. Hal tersebut penting untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab bau kaki. Anda dapat juga memasukkan beberapa bungkusĀ silica gel ke dalam sepatu agar tidak lembab saat disimpan. Jika memungkinkan, Anda setidaknya memiliki 2 pasang sepatu agar dapat digunakan secara bergantian.

Gunakan Produk Penghilang Bau KakiProduk Penghilang Bau Kaki

Selain dengan menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan produk penghilang bau kaki yang banyak di pasaran. Anda dapat menyemprotkan deodoran atau disinfektan serba guna untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau kaki.

Anda juga dapat menggunakan bedak kaki untuk menyerap keringat, mengambat pertumbuhan jamur, dan menutupi bau kaki. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan antiperspiran untuk menjaga sepatu Anda tetap kering. Yang terakhir, Anda dapat menggunakan minyak esensial yang mengandung ekstrak lavender, lemon, mint, dan minyak kayu putih untuk menyamarkan bau kaki.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Alami

Pos Terbaru