Cara Merawat Cacing Sutra Agar Tidak Cepat Mati

cara merawat cacing sutra

Cara Merawat Cacing Sutra Agar Tidak Cepat Mati – Cacing Sutra yakni salah satu alternatif pakan untuk ikan cupang yang tinggi dengan protein. Cacing Sutra (Tubifex sp) mengandung gizi (protein 57% dan lemak 13%) yang bagus untuk pertumbuhan ikan.

Sesudah kita membeli cacing sutra, kendala yang kita hadapi yakni cacing sutra mudah sekali mati sehingga uang yang kita keluarkan untuk membeli pakan menjadi percuma.

Cacing sutra yakni mahluk hidup sama dengan yang lain. Cacing sutra butuh daerah hidup, pakan dan elemen lain yang mendorong kelangsungan hidupnya.

Cara Agar Cacing Sutra Tidak Cepat Mati

Alat dan bahan yang kita perlukan yakni:

  • Wadah yang besarnya cocok dengan jumlah atau volume cacing sutra, kian banyak atau besar volumenya karenanya kita membutuhkan wadah yang besar atau jumlah yang banyak sehingga cacing sutra tak kekurangan oksigen.
  • Pompa atau aerator untuk memberikan oksigen atau menciotakan arus yang membawa oksigen
  • Lumpur halus untuk media hidup cacing sutra
  • Green water dan pakan udang fengli

Cara merawat cacing sutra:

  1. Siapkan air bersih di tiap-tiap wadah sekitar setinggi 5-10 cm
  2. Nyalakan aerator atau pompa (untuk pompa usahalan aliran air tak deras)
  3. Masukkan cacing sutra yang baru anda beli ke wadah atau sebagian wadah yang telah disiapkan, ingat tiap-tiap wadah cuma diisi cacing sutra sekitar paling banyak seperlima dari volume wadah.
  4. Berikan lumpur halus yang telah teraduk dengan sedikit pakan fengli (1 sendok teh untuk separuh ember lumpur. saran ketebalan lumpur 4-9 cm. Tetapi untuk tujuan pakan ikan cukup berikan lumpur cocok volume cacing saja.
  5. Sesudah 8 jam, cacing sutra akan mengikuti keadaan dan mengeluarkan lendir. ganti air selama cacing air keruh dan tambahkan lumpur sedikit demi sedikit hingga cacing sutra mengumpul. Kerja ini dapat berlangsung selama 2 hari atau bila semuanya cocok, 24 jam saja cacing sutra telah menyesuaikan diri dan air konsisten bening.
  6. Berikan pakan yang dicampur dalam lumpur tadi (nilai 4) tiap-tiap 2 hari sekali
  7. Akan lebih baik bila separuh dari air (sedangkan masih jernih) diganti dengan air baru

Demikian sedikit cara merawat cacing sutra untuk pakan ikan cupang. Semoga dapat menolong para pecinta ikan cupang dan pembaca setia Viitor Media.

Baca Juga : Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

Pos Terbaru