Fakta Weeekly, Girl Group “Baru” dengan Segudang Prestasi

Fakta Weeekly

Weeekly merupakan girl group yang berasal dari Korea Selatan di bawah naungan agensi Play M Entertainment. Grup ini debut pada tanggal 30 Juni 2020 dengan mini album yang berjudul We Are. Weeekly merupakan girl grup kedua dari Play M Entertainment dalam 10 tahun setelah Apink.

Girl group ini beranggotakan 7 orang yang bernama Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, Jaehee, Jihan, dan Zoa dengan rentang tahun kelahiran dari 2001 hingga 2005. Weeekly sendiri mengusung konsep girl cute yang sangat fresh dan sesuai dengan umur mereka yang masih muda.

Berikut merupakan fakta lain tentang Weeekly.

Ganti Nama Dua KaliFakta Weeekly

Pada bulan Oktober 2018, Five Entertainment telah mengumumkan rencana untuk mendebutkan girl group dengan nama Fave Girls.  Membernya terdiri dari Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, dan Jaehee. Grup ini kemudian berganti nama menjadi PlayM Girls pada 1 April 2019 setelah Fave Entertainment dan Plan A Entertainment bergabung membentuk agensi baru yang bernama Play M Entertainment.

Play M Entertainment kemudian mengumumkan pada 12 Mei 2020 bahwa nama resmi girl group besutan mereka adalah Weeekly. Girl group tersebut juga menjadi tujuh anggota dengan member seperti yang kita ketahui sekarang.

Konsep UnikFakta Weeekly

Sesuai dengan namanya, Weeekly menggunakan konsep hari dan mingguan. Setiap member mewakili tujuh hari dalam satu minggu. Jika diurutkan sesuai hari mulai dari Minggu, maka urutannya adalah Soojin, Monday, Jihan, Jiyoon, Soeun, Zoa dan Jaehee. Selain itu mereka juga memiliki warna dan planet masing-masing.

Dua bulan setelah debut, Weeekly meminta saran nama fandom resminya kepada penggemar lewat fancafe resmi mereka. Pada tanggal 23 Agustus 2020, Weeekly mengumumkan Daileee akan menjadi nama resmi penggemar mereka. Nama itu diambil dari Weekly (mingguan) dan Daily (harian) dengan filosofi “Tanpa Daileee, tidak akan ada Weeekly”

Jebolan Acara MIXNINEWeeekly Soojin

MIXNINE adalah acara survival reality Korea Selatan yang ditayangkan oleh saluran televisi JBTC. Dalam acara ini, pendiri dan produser YG Entertainment berkunjung ke seluruh agensi musik di Korea untuk mencari idol K-pop baru. Peserta yang bertahan pada akhir babak rencananya akan didebutkan menjadi grup baru.

Soojin, Jiyoon dan Soeun merupakan kontestan acara ini bersama dengan Ryujin ITZY, serta Heejin dan Hyunjin LOONA. Soojin bahkan menjadi¬†“center” wanita di lagu MIXNINE – JUST DANCE pada episode pertama. Namun pada 8 Januari, 2018, Soojin mengundurkan diri dari acara tersebut setelah cedera akibat kecelakaan lalu lintas dan harus menerima operasi darurat. Jiyoon dan Soeun sebenarnya juga ikut dalam kecelakaan tersebut tetapi tidak menerima cedera yang parah. Soeun tersingkir pada posisi ke-55 dan Jiyoon tersingkir pada posisi ke-44 dari 170 peserta.

Meraih Banyak Penghargaan BergengsiFakta Weeekly

Kepopuleran Weeekly meningkat setelah mereka meraih penghargaan sebagai girlband rookie/pendatang baru terbaik pada tahun 2020. Bayangkan saja, pada tahun yang sama mereka debut Weeekly berhasil meraih 6 penghargaan bergengsi di Korea Selatan. Weeekly meraih penghargaan tersebut pada ajang Asia Model Awards, Brand of the Year Awards, Melon Music Awards, Korea First Brand Awards, Mnet Asian Music Awards, dan The Fact Music Awards.

Diakui Media Luar NegeriWeekly After School

Selain di dalam negeri, Weeekly juga terkenal di kancah Internasional. Lagu debut mereka bertajuk Tag Me menjadi salah satu lagu K-Pop terbaik 2020 versi kritikus Billboard. Selain itu, lagu comeback pertama mereka yang berjudul Zig Zag berada di urutan 16 sebagai comeback K-Pop terbaik 2020 menurut media Metro UK. Tidak hanya itu, lagu b-side berjudul Top Secret yang ada di dalam album We Can juga menjadi salah satu lagu b-side terbaik 2020 versi MTV.

Pada awal Januari 2021, majalah TIME membuat deretan grup rookie yang diprediksi akan sukses pada 2021, salah satunya adalah Weeekly. Prediksi tersebut terbukti akurat setelah Weeekly melakukan comeback dengan album bertajuk We Play dan dengan lagu utama berjudul After School. Album tersebut terjual sebanyak 30 ribu kopi hanya dalam waktu satu bulan saja. Girl group ini juga berhasil memuncaki Chart Viral 50 Global Spotify lewat lagu After School pada 18 April 2021. Prestasi ini menjadikannya sebagai grup debutan 2020-2021 pertama yang berhasil meraih prestasi tersebut. Lagu After School sudah melampaui 10 juta streaming di Spotify dan video klipnya sudah ditonton lebih dari 89 juta kali di platform YouTube.

Aktif Kampanye Cinta LingkunganMy Earth Weeekly

Weeekly juga ikut dalam aksi nyata memngampanyekan pregram Green Peace. Mereka melakukan aksi tersebut sejak debut. Sebagai contoh, mereka selalu membawa botol minum sendiri dan menggunakan peralatan makan yang ramah lingkungan. Bahkan mereka juga membuat lagu yang mengajak orang untuk lebih peduli akan lingkungan berjudul My Earth. Selain itu, Weeekly berpartisipasi dalam kampanye penyelamatan populasi orangutan. Dengan adanya berbagai aksi tersebut, tidak heran apabila Weeekly memiliki banyak penggemar selain karena karyanya yang sangat bagus.

 

Baca Juga : 5 Hal Menarik Yang Perlu Anda Ketahui Tentang LOONA

Pos Terbaru