Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Naik Gunung

hal yang harus anda ketahui sebelum naik gunung

Naik gunung, atau terkenal dengan sebutan muncak adalah perjalanan panjang melewati jalanan tertentu menuju suatu puncak gunung. Sebelum Anda akan pergi ke gunung Anda perlu memerhatikan berbagai macam hal mengenai tata krama hingga keselamatan saat hendak naik gunung. Berikut merupakan hal yang harus anda ketahui sebelum naik gunung.

Persiapan Mental dan Fisik

hal yang harus anda ketahui sebelum naik gunung

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Naik Gunung yang paling pertama adalah kesehatan mental dan fisik Anda. Mendaki gunung merupakan hal yang tidak sepele. Selain memakan waktu yang cukup panjang, juga akan menguras stamina, kondisi badan, hingga mental. Anda harus memastikan bahwa Anda siap secara fisik dan mental sebelum melaksanakan kegiatan naik gunung. Pastikan Anda tidak sedang dalam keadaan sakit dan pastikan Anda sedang tidak memiliki beban mental yang berat karena ini akan mempengaruhi perjalanan Anda mencapai puncak dan dapat merepotkan orang lain.

Menjaga Tata Krama

mendaki gunung

Selanjutnya adalah menjaga tata krama. Hal ini merupakan salah satu yang paling pentung untuk Anda terapkan sebelum melakukan pendakian gunung. Anda harus memahami kondisi sekitar daerah gunung tersebut dan mengerti mengenai tata krama dan norma-norma yang harus Anda jaga saat kegiatan. Misalnya saja untuk tidak buang sampah sembarangan, tidak buang air besar atau kencing sembarangan, hingga menjaga sikap sopan dan tidak terlalu banyak bercanda atau berkata kasar selama kegiatan. Hal ini guna menjaga keamanan Anda saat melakukan pendakian yang berkaitan dengan ketenangan dan menghindari gangguan pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Mengecek Cuaca dan Lokasi

cuaca buruk

Berikutnya adalah mengecek perkiraan cuaca dan gambaran lokasi yang akan Anda naiki. Pastikan Anda mendaki saat musin dimana jarang hujan, sedang tidak ada badai dan kondisi alam lainnya yang dapat meenggagu dan menghambat perjalanan Anda menuju puncak gunung. Anda juga harus mengecek apakah akan ada kabut yang tebal, letusan gunung, dan hal lainnya yang dapat mempengaruhi perjalanan. Kemudian pastikan Anda membawa orang yang paham betul mengenai daerah dan lokasi dari gunung yang akan Anda naiki. Sehingga Anda tidak tersesat dan dapat melakukan perjalanan dengan aman.

Atur Waktu, Strategi, dan Keamanan Pendakian

mengatur waktu

Pastikan Anda memikirkan secara matang kapan Anda akan mendaki gunung, dalam waktu yang berapa lama, apakah akan menginap atau tidak, berapa kali istirahat, dan kapan harus berhenti atau di tempat mana dapat buang air besar / buang air kecil. Pastikan Anda memahami kapan harus lanjut, kapan harus turun, memiliki nomor penting atau cara berkomunikasi dengan pihak terbaik apabila terjadi sesuatu. Dan bagaimana Anda dengan teman atau kelompok Anda membagi tugas maupun pembawaan barang yang baik dan mempermudah pendakian gunung.

Menyesuaikan Level Pendakian

level pendakian

Anda harus menyesuaikan siapa saja yang akan mendaki, sendiri, bersama kelompok, dan memahami siapa saja yang sudah sering naik gunung atau belum. Jika sudah terdata kemampuan mendaki, barulah Anda dapat memilih gunung apa, dengan rute yang mana, dan dengan cara yang seperti apa Anda dapat menaiki gunung tersebut. Jangan memaksakan menaiki jalur atau gunung yang sulit apabila belum memiliki pengalaman tersebut.

Membawa Barang dengan Efektif

alat-alat mendaki gunung

Bawalah barang secukupnya dan usahakan supaya tidak membawa barang-barang yang tidak Anda perlukan. Hal ini akan mempermudah perjalanan Anda. Pastikan juga memasukkan barang ke dalam tas gunung Anda sessuai dengan prioritas kapan dan pentingnya barang tersebut untuk digunakan supaya tidak menghambat kegiatan Anda.

Baca Juga : Alat-alat mendaki gunung yang harus anda siapkan sebelum muncak

 

Pos Terbaru