Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan tumbuhan yang masuk dalam jenis tanaman jeruk-jerukan. Tanaman ini tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Pohon jeruk ini biasanya dapat mencapai ketinggian 3-6 meter. memiliki cabang yang banyak serta berduri. Daging buah dari jeruk nipis banyak mengandung vitamin C, dan biasanya sangat asam. Berikut merupakan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi Sakit Tenggorokan

Jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat melawan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga memiliki manfaat lain yaitu mengurangi peradangan dan mencegah berbagai macam penyakit kronis. Untuk meredakan peradangan pada tenggorokan Anda dapat meminum perasan jeruk nipis dengan menambahkan kecap manis maupun madu dalam takaran satu sendok makan yang dapat Anda minum 2-3x sehari.

Meningkatkan Imun

Sebagian besar suplemen tubuh yang ada dalam pasar menggunakan vitamin C. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c juga. Dengan meminum air perasan jeruk nipis atau mencampurkan air ini dengan minuman Anda akan membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda sehingga tetap sehat.

jeruk nipis

Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis dapat menurunkan berat badan Anda dengan mencampurkannya dengan teh. Teh jeruk nipis akan memperlancar metabolisme tubuh Anda. Orang-orang dengan metabolisme yang cepat bisa membakar lebih banyak energi sehingga mereka lebih kurus tanpa berolahraga secara aktif atau menjalani diet ketat.

Mengurangi Risiko Kanker

Jeruk nipis mengandung liminoid dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga menurunkan risiko untukĀ  mengurangi maupun mencegah penyakit kronis. Penangkal radikal bebas dalam tubuh ini akan menurunkan risiko kanker leukiimia, usus besar, maupun lambung.

Sebuah studi pada tahun 2015 oleh jurnal Medicine di Baltimore menunjukan adanya ‘kemungkinan’ hubungan antara konsumsi jeruk nipis dengan penurunan risiko kanker esofagus. Hal ini karena komponen antioksidan pada jeruk nipis yang memiliki antioksidan dan meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan kristal mineral kecil yang sering menyakitkan untuk dikeluarkan. Batu ginjal dapat tumbuh ketika urin Anda sangat pekat. Ketika tubuh memiliki kadar mineral yang tinggi seperti kalsium dalam urin Anda, akan mudah terkena batu ginjal.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang mencegah pengikatan mineral yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari, Anda secara langsung menyehatkan ginjal dan mencegah risiko terkena batu ginjal.

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.

Jeruk Nipis

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis merupakan senyawa penting yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang menjadi banyak sumber penyakit apabila terjadi dalam jumlah yang tinggi dapat merusak sel dan memicu penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dapat mengurangi risiko penyakit jantung Anda.

Menyehatkan Kulit

Manfaat jeruk nipis yang terakhir adalah menyehatkan kulit Anda. Kandungan vitamin c yang ada dalam jeruk nipis akan memproduksi kolagen yang merupakan senyawa protein yang mengencangkan kulit. Mengkonsumsi banyak vitamin c akan menurunkan cepatnya kulit keriput maupun kulit kering.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

 

 

 

 

Pos Terbaru