Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik Sepanjang Masa

Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik

Pemain Bola Wanita Terbaik – Meskipun didonimasi oleh kaum pria, sepak bola wanita juga selalu menarik untuk ditonton. Baik dari segi motivasi, agresivitas, dan juga visi bermain, semua hal tersebut tidak kalah hebat dari pesepak bola pria. Banyak pemain sepak bola wanita yang mendapatkan berbagai penghargaan baik secara individu ataupun bersama tim dan timnas masing-masing. Dalam sejarahnya, banyak pemain sepakbola wanita yang memiliki prestasi luar biasa. Berikut beberapa pemain bola wanita terbaik sepanjang masa.

Birgit Prinz

Birgit Prinz

Birgit Prinz merupakan pemain sepak bola wanita berkebangsaan Jerman yang sukses mengantarkan Jerman dua kali juara Piala Dunia Wanita pada tahun 2003 dan 2007. Selain itu, pada level klub ia juga meraih 8 gelar Bundesliga dan 3 Piala Wanita UEFA.

Sepanjang karirnya, ia telah mencetak 292 gol sebagai striker baik bersama timnas Jerman, FSV Frankfurt, 1. FFC Frankfurt, dan Carolina Courage. Prinz juga pemegang rekor pencetak gol terbanyak kedua di Piala Dunia Wanita FIFA dengan torehan 14 gol. Dengan semua prestasinya, Prinz mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak tiga kali dan membuatnya menjadi salah satu pemain sepak bola wanita terbaik yang pernah ada.

Marta

Marta

Marta Vieira da Silva atau lebih dikenal dengan Marta merupakan pemain sepak bola wanita yang bermain di Timnas Brasil sebagai penyerang. Ia merupakan pemegang sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Brasil baik timnas laki-laki ataupun timnas wanita dengan 112 gol.

Ia juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen Piala Dunia FIFA dengan torehan 17 gol. Selain itu, Marta juga menjadi pemain sepak bola pertama dari kedua jenis kelamin yang dapat mencatok gol dalam lima edisi Piala Dunia. Meskipun tidak miliki gelar juara pertama bersama timnas, pencapaiannya selama berkarir membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak enam kali serta pengharagaan sepatu emas (pemain terbaik) dan bola emas (pencetak gol terbanyak) pada Piala Dunia 2007.

Mia Hamm

Mia Hamm

Pemain sepak bola wanita terbaik yang selanjutnya adalah Mia Hamm. Hamm merupakan pemain yang mengantarkan Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia pada tahun 1991 dan 1999. Ia juga membawa Amerika mendapatkan medali emas Olimpiade 1996 dan 2004.

Dengan prestasinya, pemain yang dapat bermain sebagai penyerang dan gelandang ini menerima penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak dua kali dan menjadi salah satu dari dua wanita yang masuk ke dalam daftar 100 pesepak bola sepanjang masa oleh FIFA. Meskipun sudah pensiun, Hamm tetap menjadi panutan bagi anak-anak perempuan di Amerika Serikat hingga saat ini.

Michelle Akers

Michelle Akers

Bersama dengan Mia Hamm, Michelle Akers menjadi salah satu dari dua wanita yang masuk ke dalam daftar 100 pesepak bola sepanjang masa oleh FIFA. Penghargaan tersebut didapat setelah Akers menjadi bintang yang membawa Amerika Serikat juara Piala Dunia 1991 dan 1999, serta Olimpiade 1996.

Ia juga meraih penghargaan Sepatu Emas setelah menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia 1991 dengan 10 gol. Akers menyelesaikan karirnya dengan catatan 105 gol dalam 153 pertandingan internasional bersama timnas Amerika. Akers juga dinobatkan sebagai Pemain Wanita FIFA Abad Ini pada tahun 2002 bersama dengan Sun Wen dari China.

Christine Sinclair

Christine Sinclair

Christine Sinclair bisa dikatakan sebagai pemain sepak bola yang paling berpengaruh dalam dunia sepak bola wanita Kanada. Sinclair juga berada di urutan pertama dalam daftar pencetak gol internasional terbanyak dengan torehan 188 gol mengalahkan torehan Abby Wambach.

Salah satu momen paling berkesan dalam karir Sinclair adalah ketika ia mencetak hattrick dalam pertandingan dramatis melawan Amerika pada gelaran Olimpiade 2012. Ia juga merupakan pesepak bola kedua dari kedua jenis kelamin yang dapat mencetak gol di lima edisi Piala Dunia setelah Marta.

Baca Juga : Pemain Sepak Bola yang Pernah Tersandung Kasus Doping

Abby Wambach

Abby Wambach

Abby Wambach merupakan pemain reguler di tim sepak bola nasional wanita AS dari tahun 2003 hingga 2015 setelah mendapatkan caps pertamanya pada tahun 2001. Ia merupakan penyerang yang berbahaya karena pemampuan finishing-nya.

Saking berbahayanya, Wambach berhasil mencetak 184 gol internasional dan menjadikannya sebagai pencetak gol internasional terbanyak kedua setelah Christine Sinclair. Ia mencetak gol di empat ajang Piala Dunia Wanita dan dua Olimpiade. Selain itu, ia juga dianugerahi Pemain Terbaik Dunia FIFA 2012 dan menjadi wanita Amerika pertama yang memenangkan penghargaan dalam sepuluh tahun.

Sun Wen

Sun Wen

Sun Wen merupakan salah satu pemain sepak bola wanita berkebangsaan Tiongkok yang biasa bermain sebagai penyerang dan gelandang. Ia juga pernah menjadi kapten tim nasional China dan tim Atlanta Beat. Ia mencatatkan 152 penampilan bersama timnas China dan berhasil mencetak 106 gol. Ia juga berhasil mendapatkan gelar Bola Emas dan Sepatu Emas dalam gelaran Piala Dunia Wanita 1999.

Meskipun tidak pernah mengantarkan timnas China menjadi juara pertama, Sun berkontribusi mengantarkan China meraih perak pada Olimpiade 1996 dan membawa China ke final Piala Dunia pada tahun 1999. Pada tahun 2000, ia mendapatkan penghargaan Pemain Wanita FIFA Abad Ini bersama dengan Michelle Akers.

Baca Juga : Skandal Besar yang Pernah Dialami Pemain Sepak Bola

Homare Sawa

Homare Sawa

Homare Sawa merupakan salah satu playmaker terbaik dalam sejarah sepak bola wanita. Sawa memulai debutnya di lapangan hijau pada usia 12 tahun dan tiga tahun setelah itu ia mendapatkan panggilan pertamanya ke timnas Jepang. Ia menghabiskan 22 tahun bermain di tim sepak bola nasional wanita Jepang serta membawa Jepang memenangkan Piala Dunia Wanita 2011 dan medali perak Olimpiade 2012.

Sawa mendapatkan penghargaan Bola Emas (pemain terbaik) dan Sepatu Emas (pencetak gol terbanyak) pada turnamen Piala Dunia Wanita 2011. Pada tahun tersebut, ia juga mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia Wanita FIFA 2011. Sawa pensiun pada usia 37 tahun dan mencetak 83 gol dari 205 pertandingan bersama timnas Jepang.

Nadine Angerer

Nadine Angerer

Nadine Angerer merupakan salah astu penjaga gawang wanita terbaik yang pernah ada. Ia juga merupakan penjaga gawang pertama yang mendapatkan penghargaan Pemain Wanita Terbaik FIFA pada tahun 2013. Ia menjadi idola penjaga gawang wanita dimana pada Piala Dunia Wanita 2007 ia sukses tanpa kebobolan satu gol pun.

Angerer ikut terlibat bersama timnas Jerman pada saat menjuarai Piala Dunia Wanita tahun 2003 dan 2007 dan menjadi penjaga gawang nomor satu timnas Jerman yang memenangkan Kejuaraan Wanita UEFA pada tahun 2009 dan 2013. Ia juga terkenal sebagai spesialis penalti dimana ia sukses menghentikan tendangan Marta di Final Piala Dunia Wanita FIFA 2007 serta terndangan Trine Ronning dan Solveig Gulbrandsen pada FInal Euro Wanita UEFA 2013.

Untuk informasi dan gambar menairk lainnya seputar pemain bola terbaik wanita di dunia, Anda dapat mencoba rekomendasi kami berikut.

Pos Terbaru